SMA Negeri 2 Kuta Selatan Provinsi Bali menggelar acara Moneta Literacia bekerja sama dengan Perbarindo (Perkumpulan BPR) Kabupaten Badung, 22 April 2022. Acara yang berlangsung semarak dan meriah dengan pemetasan Tari Sekar Jagat sebagai pembuka dan diselingi pentaskan Musikalisasi Puisi oleh siswa SMAN 2 Kuta Selatan dan ditutup dengan persembahan  Tari Kontemporer Ambar Sisya. Menariknya puisi yang dimusikalisasi dan tari kontemporer yang dipentaskan adalah  hasil karya guru  SMAN 2 Kuta Selatan, masing-masing oleh Hilda Aprilliany Paju, S.Pd. dan Dewa Ayu Candra Kirana, S.Pd. Keduanya guru Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hilda Aprilliany Paju mempersembahkan puisi berjudul “Bangga Padamu” dimusikalisasi secara apik dan estetik oleh para siswa. Puisi ini mencerminkan kebanggaan pada Negeri Indonesia yang beragam suku,budaya, agama, dan etnik, yang perlu terus dirawat dan dijaga untuk tetap tegaknya NKRI. Begini, kutipan dua bait pertama puisinya.  “Wahai bumi Indonesiaku/Negeri merah dan putih/Tampak menawan dalam /Buaian ibu pertiwi//Beribu pulau terbentang/Elok mata memandang/Beragam Adat istiadat/Sungguh penuh dengan symphoni…//

            Sementara itu, Tari Kontemporer Ambar Sisya karya Dewa Ayu Candra Kirana mengisahkan keuletan siswa belajar dan merawat Merah Putih. Ide yang diusung dengan lima penari cantik mencerminkan semangat menjaga Pancasila dan merawat Merah Putih. Tarian berdurasi 5 menit ini mampu menggugah ke-Indonesiaan yang berbhineka dalam wadah NKRI.

Ida Bagus Ketut  Wijaya sebagai Direktur salah BPR di Badung mengaku berdiri buduknya menyaksikan tarian yang dibawakan siswa SMA Negeri 2 Kuta Selatan. “Berdiri bulu kuduk saya, menyaksikan tarian dan musikalisasi puisi yang dibawakan dengan penuh penghayatan dan apresiatif. Salut buat SMA Negeri 2 Kuta Selatan telah merawat Taman Bhineka Tunggal Ika melalui apresiasi seni”, kata Ida Bagus Ketut Wijaya.

            Acara Moneta Literacia di SMA Negeri 2 Kuta Selatan, selain diisi  dengan seminar, juga dimeriahkan  dengan Pameran produk Kewirausahaan  SMA Negeri 2 Kuta Selatan, antara lain pameran buku karya guru dan siswa, lukisan,  dan Vitalis air care. Karya buku yang dipamerkan antara lain Pandemi : antara Fiksi dan Fakta (antologi siswa), Dunia Guru : Perspektif Pengarang Bali, Sadhar Nama (Praktik Toleransi Beragama di Sekolah, dan Literasi Masa Pandemi karya I Nyoman Tingkat (Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan). Sementara itu, lukisan yang dipamerkan adalah lukisan tugas akhir siswa kelas XII yang akan menamatkan pendidikannya tahun ini, sebagai alumni perdana. Vitalis air care, produk Kelompok Usaha Siswa (KUS) juga mendapat apresiasi dari Perbarindo Badung  terbukti dengan terjualnya puluhan vitalis air careVitalis air care ini  berkhasiat sebagai obat sengatan serangga, perut kembung, masuk angin, mabuk darat, pusing, flu, luka baru, kram. Dijamin aman sebagai obat luar dengan bahan-bahan herbal tradisional Bali.

Pameran dan pentas seni serangkain Moneta Literacia di SMA Negeri 2 Kuta Selatan  ini  mendapat perhatian dan apresiasi positip dari pihak Perbarindo Badung, OJK Perwakilan Bali – Nusa Tenggara,  Ananda R. Moy didampingi Ketua Perbarindo Kabupaten Badung, Agus Prima Wardana, dan Kabid Pembinaan SMA Disdikpora Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Ratmaja, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ananda R. Moy dari perwakilan OJK menyambut baik sinergi SMA Negeri 2 Kuta Selatan bersama Perbarindo Kabupaten Badung untuk saling mengedukasi agar semua pihak melek dan kritis dengan berbagai bisnis keuangan yang akhir-akhir ini banyak memakan korban. Untuk itulah perlunya Literasi Keuangan dikampanyekan tidak hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan masyarakat pada umumnya. “Kita perlu terus-menerus mengedukasi semua lapaisan masyarakat dalam Literasi secara umum. Lebih-lebih Bali, dengan masyarakatnya yang hetrogen yang dapat menjadi sasaran empuk penipuan. Agar terhindar dari penipuan, maka tidak ada jalan lain, selain memperkuat literasi masyarakatnya”, tegas Ananda.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Perbarindo Kabupaten Badung, Agus Prima Wardana. Dalam sambutannya, Agus Prima Wardana menyatakan kekagumannya kepada siswa SMA Negeri 2 Kuta Selatan, selain tampil artistik  dalam pentas seni juga menunjukkan prestasi secara akademik, yang tampak dari bobot pertanyaan siswa yang bermutu.  “Salut buat siswa SMAN 2 Kuta Selatan, semoga dari sini nanti lahir ketua OJK”, yang disambut tepuk tangan meriah para siswa yang hadir. 

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMA Disdikpora Provinsi Bali, I Nyoman Ratmaja, mengingatkan sekolah untuk terus-menerus berkreasi dan berinovasi dalam koridor Profil Pelajar Pancasila seiring dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. “Pendidikan Kewirausahaan perlu terus didorong agar siswa punya bekal untuk hidup manakala mereka tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi.  SMAN 2 Kuta Selatan sudah berhasil memantiknya, jangan puas sampai di sini” kata Ratmaja.

Acara yang berlansung meriah dari awal sampai akhir itu ditutup dengan pembagian bingkisan dari Perbarindo Badung kepada orangtua siswa yang kurang mampu. Diserahkan pula hadiah lomba cerdas cermat Keuangan dan penyerahan dana motivasi ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai bakat dan minatnya. Dana Motivasi sebesar Rp 5.000.000,00 diserahkan oleh Perbarindo Badung diterima Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan, Dr. Drs. I Nyoman Tingkat, M.Hum.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *