Minggu, 2 Juni 2024 dini hari pk. 01.03, saya mendapat kabar baik dari  Isaura Henin Serafina, siswa kelas X.11 SMA Negeri 2 Kuta Selatan Tahun pelajaran 2023/2024.  Isaura mengabarkan lolos seleksi Pertukaran Pelajar ke Jepang melalui skema beasiswa Bina Antar Budaya. Lembaga nirlaba ini didukung oleh 50 organisasi nirlaba independen yang bersetia memajukan pendidikan untuk pertukaran pelajar ke berbagai negara.

            Bersyukurlah, SMA Negeri 2 Kuta Selatan menjelang usia 5 tahun (3 september 2024) berhasil meloloskan seorang siswa kelas X.11 atas nama Isaura yang sekaligus menjadi duta pelajar bersama 10 pelajar terbaik Indonesia akan diberangkatkan ke Jepang selama 4 bulan (Agustus – Desember 2024). Melalui pesan WhatsApp, ia mengabarkan kegembiraannya kepada kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan. “Saya Isaura Henin Serafina (X.11) telah resmi menjadi peserta pertukaran pelajar melalui Program Asia Kakehashi Project+ 2024 Bina Antar Budaya yang berangkat ke Jepang 22 Agusustus –17 Desember 2024”, demikisn Isaura menulis melalui pesan  WhatsApp-nya.

            Isaura memang siswa berprestasi. Sejak SMP, ia  sudah menjadi guru Bahasa Jepang bagi teman sejawatnya. Ia belajar secara otodidak. “Saya belajar sendiri dengan HP jadul plus semangat membara didukung orangtua”, katanya. Pengakuan Isaura itu diakui oleh orangtuanya, Hendra Setiawan Hartono ketika datang ke SMA Negeri 2 Kuta Selatan mohon rekomendasi untuk seleksi pertukaran pelajar secara daring, awal September 2023.

            Dari jejak prestasi, selain lolos pertukaran Pelajar ke Jepang (2024), prestasi Internasional ia raih antara lain  juara 1 dalam lomba Desain Poster yang dilaksanakan oleh Chinese Language Festival dalam ajang The 4 th Chinese Language Festival 2023/2024. Ia memenangkan kompetisi untuk kategori Non-Native Senior High School. Alumni SMP Negeri 3 Kuta Selatan ini  juga lolos Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Bidang Geografi mewakili Kabupaten Badung selanjutnya berlaga ke Provinsi Bali. Juara lain yang pernah dipersembahkan antara lain meraih Perak dalam Olimpiade Sejarah SMA dalam ajang Olimpiade Update Festival IX 2024 Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh PT Olimp Update Group pada 11 Desember 2023 – 18 Februari 2024 dengan tema Challenge the Shadows : Where Magic Meets Might.

            “Terima kasih Isaura telah mengharumkan nama sekolah, Tetaplah rendah hati, kuasai dunia dengan ilmu pengetahuan dengan semangat Wiweka Jaya Sadhu sesuai motto SMA Negeri 2 Kuta Selatan”, demikian Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan menjawab pesan WhatsApp-nya begitu bangun dari tidur, pk.04.30.

            Beli tomat sambil lalu

            Selamat sukses selalu

(ntk).


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *