Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia yang mana sudah tercantum dalam sebuah sumpah, yakni Sumpah Pemuda. Di Indonesia sendiri, pada bulan Oktober tiap – tiap sekolah memperingatinya sebagai Bulan Bahasa. Sebenarnya, mengapa Bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia? Hal ini merujuk pada sejarah Indonesia. Pada bulan Oktober, tepatnya pada tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, sekaligus ditetapkan pula bahasa resmi bangsa Indonesia yakni Bahasa Indonesia.

Sebagai sekolah yang baru berdiri pada tahun ini, SMA N 2 Kuta Selatan atau yang disingkat TOSKA ( Two South Kuta ) turut serta memperingati Bulan Bahasa melalui serangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Rabu, 30 Oktober 2019 dan Kamis, 31 Oktober 2019. Siswa – siswi SMA N 2 Kuta Selatan juga turut aktif berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan yang diadakan oleh Osis ini melalui berbagai perlombaan terkait dengan Bahasa dan Sastra.

Pada hari pertama, lomba – lomba yang dilaksanakan meliputi lomba baca puisi, story telling, cipta cerpen, TOSKA PUBG Mobile Cup II, hasta karya, menggambar poster, mars competition, dan juga singing competition. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 12.30 – 17.30 bertempat di SMA N 1 Kuta Selatan. Sedangkan pada hari kedua, kegiatan dilaksanakan di Lapangan Kutuh, lomba – lomba yang dilaksanakan berupa football mini , IGstory contest, kaki tiga, balon berpasangan, water games. Di sela – sela istirahat, siswa – siswi juga dihibur oleh  tiramiscrew – tim dance SMA N 2 Kuta Selatan. Hingga tiba acara terakhir yakni pengumuman juara dan pembagian hadiah. Tetapi sebelum itu, siswa – siswi dihibur dengan penampilan memukau dari band yang beranggotakan tiga orang guru dan juga band Toska sendiri, yakni Resta yang resmi berdiri pada tanggal 31 Oktober 2019.

Suksesnya acara ini, tidak terlepas dari dukungan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kuta Selatan, Dr. Drs. I Nyoman Tingkat, M.Hum. , peran Osis, guru- guru, serta semua pihak yang turut berpartisipasi dalam memeriahkan Bulan Bahasa tahun ini. Dengan dilaksanakannya bulan Bahasa ini, diharapkan siswa – siswi dapat mengasah serta meningkatkan kemampuannya dalam bidang bahasa dan sastra, membangun insan yang cerdas dan kompetitif dalam mewujudkan generasi yang cerdas, berbudaya, dan berdaya saing.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *