Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) SMAN 2 Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan selama tiga hari (14 – 16 Mei 2024) dibuka oleh Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali Dr. I Wayan Surata, S.Pd., M.Pd. Pembukaan ditandai dengan penancapan kayonan diiringi tabuh gamelan. Pada sambutannya, Surata yang mengawali dan mengakhiri sambutan dengan pantun, menyambut gembira Pameran P-5 SMAN 2 Kuta Selatan sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. “Prestasi akademik dan nonakademik yang diraih SMAN 2 Kuta Selatan patut diapresiasi lebih-lebih sudah melahirkan atlet mewakili Bali dalam ajang PON di Aceh pada September 2024. Sebagai sekolah penggerak, prestasi ini akan mewarnai keberhasilan yang perlu terus didorong diikuti prestasi-prestasi lain sesuai dengan potensi peserta didik”, kata Surata, mantan Widya Iswara LPMP (kini : BPMP) Bali. Pernyataan Surata itu selaras dengan semangat pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.

            Sementara itu, dalam lapoarannya Ketua Panitia IBP Surya Suptra, S.Pd. mengatakan tema P-5 tahun 2024 adalah Mahardika Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila memamerkan lima topik : Kewirausahaan, Suara Demokrasi, Bhinneka Tunggal Ika, Kearifan Lokal, dan Rekayasa Teknologi. Kegiatan dilaksanakan di dalam dan di luar kelas sesuai topik yang digarap masing-masing kelompok siswa.

            Pada bagian lain, Kepala SMAN 2 Kuta Selatan menyampaikan, Program Sekolah Penggerak (PSP) yang dikuti telah memasuki tahun ketiga. “Bangga menjadi Sekolah Penggerak dalam usia muda bisa bersaing dengan sekolah lain yang lebih tua. Muda penuh semangat memenangkan persaingan sesuai dengan motto Wiweka Jaya Sadhu dengan visi Terbentuknya Komunitas pembelajar yang berkecerdasan, berbudaya, dan berdaya saing”, kata Dr. Drs. I Nyoman Tingkat, M.Hum.

            Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar SMAN 2 Kuta Selatan dan para undangan yang hadir atas partisipasinya meramaikan Pameran P-5 ini. Terima kasih teristimewa disampaikan kepada SLBN 1 Badung yang senantiasa berpartisipasi dalam pembukaan kegiatan P-5 SMAN 2 Kuta Selatan, Penampilan musik Angklung siswa SLBN 1 Badung  memukau hadirin. “Tepuk tangan hadirin pun tak putus-putus menyemangati siswa berkebutuhan khusus itu. Memuliakan talenta anak berkebutuhan khusus sebagai bentuk inklusivitas pendidikan di SMAN 2 Kuta Selatan sekaligus juga menumbuhkan rasa jengah para siswa yang normal secara fisik”, kata I Nyoman Tingkat.

            Selesai pembukaan pameran, para undangan berkeliling ke stand-stand pameran sambil berbelanja menikmati olahan kuliner para siswa. Beberapa siswa dan guru dari sejumlah sekolah di Kuta dan Kuta Selatan juga hadir memberikan dukungan. Ini bentuk arisan antarsekolah dalam P-5 sesuai dengan semanagat berkolaborasi.  Sementara itu, panggung hiburan di stage utama, sejumlah siswa mempersembahkan hiburan menarik yang memerdekakan. Pameran berlangsung meriah menyambut para pengunjung dari berbagai sekolah. (NTK)


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *