Pengimbasan PSP Angkatan II di Kabupaten Badung berlangsung sehari di SMA Negeri 2 Kuta Selatan. Sekolah Pengimbas berasal dari pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) Angakatan II yaitu SMA Negeri 1 Kuta Selatan, SMA Negeri 2 Kuta Selatan, dan SMA Cendekia Hrapan. Setiap Sekolah Penggerak wajib mengimbaskan praktik baiknya kepada 3 SMA terdekat. Sekolah imbas yang mengikuti pengimbasan ini berjumlah 9 sekolah : SMA Dwijendra Bualu, SMA Negeri 2 Kuta Selatan, SMA Negeri 2 Kuta Utara, SMA Taman Rama Jimbaran, SMA Bintang Mandiri, SMA Negeri 3 Kuta Selatan, SMA Soverdi Tuban, SMA Kuta Pura, dan SMA Jembatan Budaya.

            Kegiatan PSP Angkatan II di Kabupaten Badung dipusatkan di SMA Negeri 2 Kuta Selatan dibuka oleh Widya Prada BPMP Bali,Ni Nengah Nuadi, S.Pd., M.Pd. Pada arahannya, Nuadi mengajak peserta untuk menjadikan praktik baik dari masing-masing Sekolah Penggerak dapat dijadikan sumber inspirasi dan modifikasi di sekolah imbas sesuai dengan daya dukung. “Sebagai katalisator perubahan, Sekolah Penggerak diharapkan mampu memantik sekolah non penggerak untuk ikut bergerak mengikuti inovasi yang  telah dilakukan berdasarkan regulasi terbaru. Oleh karena itu, inspirasi dari Sekolah Penggerak, dapat dijadikan sumber inspirasi untuk diadaptasi, ditiru, dan dimodifikasi”, kata Nuadi seraya mempersilakan Kepala Sekolah Penggerak menyampaikan praktib baiknya.

            Tiga Kepala Sekolah Penggerak tampil secara panel. Tampil pertama, Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan, Dr. Drs. I Nyoman Tingkat, M.Hum. menyampaikan praktik baik berjudul “Canang Sari” (Mencari Tenang Setiap Hari). Menurut Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan, Program Canang Sari dilaksanakan sejak menjadi Sekolah Penggerak (2022). Bentuk nyata kegiatan ini dilaksanakan setiap pagi melalui sembahyang bersama (trisandhya) yang diikuti seluruh siswa, guru, dan pegawai yang beragama Hindu. Model ini dirasakan manfaatnya : kompak serentak bergerak seluruh komunitas untuk menegakkan disiplin secara bersama-sama. Guru, pegawai, siswa bersama melaksanakan sembahyang bersama di halaman sekolah. Mereka yang non-Hindu ikut memantau sebagai bentuk toleransi beragama.

“Ada 4 K yang dijadikan pijakan oleh Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan dalam melaksanakan program Canang Sari : Konsentrasi, Kesabaran, Kesadaran, dan Kebijaksanaan. 4 K itu dilandasi dengan CINTA (Creativiy, Integrity, Norm, Think, Apreciation) dan LOVE (listen, observer, value, emphaty). Semua itu bila dilakukan dengan sungguh-sunguh akan melahirkan taksu sekolah”, kata I Nyoman Tingkat.

            Kepala SMA Negeri 1 Kuta Selatan, Ni Made Sri Yuniati, S.Pd. M.Pd. membagikan praktik baik bertema “Perencanaan Berbasis Data”, yang diinspirasikan dari Rapor Pendidikan hasil Asesmen Nasional. Pada bagian lain, paparan Sri Yuniati menyelipkan materinya tentang integritas terkait dengan Program KPK : Jujur itu hebat ! Selain itu, ia mempromosikan berbagai program sekolahnya baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Selanjutnya juga menampilkan prestasi sekolah yang diraih dalam setahun terakhir. IRBB (identifikasi, Refleksi, Benahi Perncanaan, Benahai Implementasi)

            Tampik ketiga, Kepala SMA Cerdas Cendekia, Juwaria Mutakdir, S.Si., M.M. memaparkan praktik baik bertopik Digitalisasi Sekolah. “Tantangan pendidikan hari ini, banyaknya aplikasi yang memborbardir komunitas belajar di sekolah perlu disikapi dengan serius agar tidak terjebak di dunia maya. Realitas dunia maya perlu dikorelasikan senyatanya   sehingga dunia virtualitas tetap divalidasi agar tidak menyesatkan”, Kata Juwaria seraya menambahkan, “Lebih-lebih, saat gencarnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5). Di sinilah tarik-menarik kepentingan guru, kepala sekolah, siswa, dicarikan solusinya dengan berbasis data digital”. Kegiatan pengimbasan berlangsung hangat diselingi ice breaking yang menginspirasi. Dari narasumber. Seluruh kegiatan diakhiri dengan membuat Rencana Tindak Lanjut bagi sekolah imbas. Selanjutnya berfoto bersama dengan seluruh peserta dan penyerahan buku produksi literasi dari Kepala SMA Negeri 2 Kuta Selatan kepada peserta yang aktif bertanya. Salam Literasi dengan semangat nanjak Sekolah Penggerak. (ntk)


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *