Sebanyak 49 siswa Angkatan ke-3 SMAN 2 Kuta Selatan  lulus Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)   Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2024. Mereka diterima di berbagai PTN ternama di Bali (Unud, Undiksha, Politeknik Negeri Bali, ISI Denpasar) dengan berbagai jurusan.  Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, 44 Orang (2023) dan 24 orang (2022). Raihan prestasi ini tidak terlepas dari kerja sama kolaboratif antara siswa, guru, tenaga Kependidikan, dan orang tua siswa.

            Sebagai wujud rasa syukur, bertepatan dengan Tilem Jyesta yang nemu gelang dengan Buda Kliwon Matal dan Kajeng Kliwon (8 Mei 2024) telah dilangsungkan upacara mapamit dari Padma Sari SMAN 2 Kuta Selatan. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa beragama Hindu yang berjumlah 338 dari 427 siswa seluruhnya.  Untuk diketahui, SMAN 2 Kuta Selatan adalah komunitas yang hiterogen (siswa, guru, pegawai) dari berbagai agama, suku, sosial budaya. Maka, programnya pun mencerminkan semangat merangkul perbedaan untuk kenajuan bersama. Salah satunya, adalah Program Sadhar Nama (Berbuka Puasa Bersama, Dharma Shanti Bersama, dan Natal Bersama).

            Pada kata pengantarnya, Kepala SMAN 2 Kuta Selatan mengatakan upacara Mapamit ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa terima kasih secara niskala karena telah menyelesaikan proses berguru secara formal di sekolah ini. “Selama berguru di sini, mungkin ada yang baik semoga menjadi kenangan. Jika ada yang kurang baik, hapuslah dari memori. Terus rawat dan tumbuhkan kebaikan di jenjang pendidikan berikutnya atau di mana saja kalian melabuhkan cita-cita dan harapan” kata Dr. Drs. I Nyoman Tingkat, M.Hum. seraya mengutip Bung Karno, “Gantungkan cita-citamu setinggi bintang di langit, sebab bila kau jatuh, jatuhnya di antara para bintang”.

            Acara mapamit secara niskala dirangkai dengan persembahyangan bersama diikuti siswa Kelas 12 yang beragama Hindu, diikuti seluruh guru dan tenaga Kependidikan di SMAn 2 Kuta Selatan. Upacara mapamit di-puput Jro Mangku Gobleg berjalan lancar dan khusuk, dimulai pk. 07.30 – 09.00 Wita. Selanjutnya, pada akhir Mei 2024, akan digelar pelepasan sebagai acara pamitan secara sekala.

            Bravo Toska ! (NTK)


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *